Acara

24
Apr
2021
DXC National Conference 2021

Tahun 2020 sudah mendisrupsi kehidupan dan mempercepat masyarakat untuk dapat memanfaatkan dan memaksimalkan berbagai teknologi digital untuk keperluan sehari-hari. Perubahan ini memunculkan kreativitas dan inovasi di tengah keterbatasan sosial yang terjadi, juga mengubah pola pikir yang memunculkan ide-ide baru.

Perubahan yang dimunculkan ini bisa menjadi diskusi yang menarik jika dianalisis dan diresponi bersama dan dilihat dari berbagai aspek, yakni: teknologi, sosial, ekonomi, budaya, atau pendidikan. Perubahan cepat ini ditanggapi oleh DKV UK. Petra bekerja sama dengan UNS Solo, Universitas Bina Nusantara, ISI Denpasar; yang menghadirkan DXC National Conference 2021.

DXC National Conference 2021 membuka dan mengundang (Call for Papers) para akademisi dan mahasiswa untuk penulisan artikel dengan topik dan subtopik tentang kreativitas, digital media, dan/atau user/consumer/social experience yang muncul pada masa pandemi/umum dalam lingkup teknologi digital, budaya digital, industri kreatif, dan pendidikan.

Berikut ini sub-topik DXC2021 National Conference:

  • Literasi digital di Indonesia
  • Budaya digital dalam sosial, ekonomi, dan seni
  • Pendidikan seni dan desain berbasis digital
  • Estetika dalam media digital
  • Digitalisasi di masa pandemi
  • Digitalisasi budaya Nusantara
  • Transformasi dalam industri kreatif digital kini dan nanti
  • Teknologi digital dalam industri permainan digital dan animasi
  • Komunikasi dan user experience di era digital
  • Teknologi AR, VR, dan gaming dalam pendidikan
  • Techno-sociopreneurship

 Keynote Speaker:

  • Adhicipta R. Wirawan, SE., M.AK., Ak. (Game Designer, Dosen Universitas Surabaya, CEO dan Founder Mechanimation Entertainment)
  • Dermawan Syamsudin, S.Sn., M.Sn. (Dosen dan Kepala Program Animasi Universitas Bina Nusantara)
  • Leonard Chrysostomos Epafras, Ph.D. (Akademisi dan peneliti Universitas Kristen Duta Wacana dan Indonesian Consortium for Religious Studies)
  • Liliana, ST., M.Eng., Ph.D (Dosen Program Studi Informatika UK. Petra dan International Program in Digital Media UK. Petra)

Tanggal-Tanggal Penting:
Konferensi Nasional DXC 2021:
1. Pembukaan pendaftaran bagi peserta via web form: 30 Oktober 2020 - 12 Februari 2021
2. Batas akhir pengiriman full paper via email: 12 Februari 2021
3. Pemberitahuan penerimaan paper (LoA): 28 Februari 2021
4. Batas akhir pembayaran peserta: 26 Maret 2021
5. Batas akhir pengiriman revisi paper26 Maret 2021
6. Penyelenggaraan konferensi secara daring: 24 April 2021

Tautan Penting:

 

Rekening transfer biaya pendaftaran:  BCA 0884159144 an. Ani Wijayanti S. (dan mengirimkan bukti ke email arispk@petra.ac.id)

** Update 25 Januari 2021: Batas akhir pendaftaran dan pengiriman full paper diperpanjang hingga 12 Februari 2021

 

Pantau terus halaman ini untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran

Baca lebih lanjut >
16
Nov
2020
DXC 2020

Hello, creative people!
Prepare yourself for DXC (Digital Media Exhibition and Animation Challenge) 2020!

DXC is an annual digital media event held in collaboration between Petra Christian University, Sebelas Maret University and Bina Nusantara University. This year, DXC takes the theme of Creativity, Digital Media and the Transformative Experience. We will take you one step ahead to embrace the new era of transformation. There will be various creative events for you and your friends to participate, including online exhibitions, competitions, workshops, and webinar.

So stay tuned through our instagram page (@ipdm.ukpetra) and website (digitalmedia.petra.ac.id) to make sure you won't miss any updates!

Baca lebih lanjut >
19
Agu
2020
Adiwarna 2020: Exposure

Adiwarna merupakan adalah Pameran Tugas Akhir mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang diadakan oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya. Adiwarna 2020 kembali hadir dengan menampilkan 45 karya dari berbagai topik yang memecahkan masalah dengan pemikiran kreatif mahasiswa semester akhir Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra. Selain untuk mengedukasi serta memperkenalkan masyarakat luas pada dunia desain dan industri kreatif, Adiwarna juga bertujuan untuk menghubungkan para peserta pameran dengan agensi, rumah produksi, dan perusahaan yang bekerja dibidang industri kreatif.

Adiwarna 2020 dengan tema Exposure membawa konsep yang berbeda untuk mengekspos keunikan dan kualitas yang dimiliki setiap desainer. Adiwarna 2020 akan diadakan secara online mulai dari tanggal 19 sampai dengan 23 Agustus 2020, via website, Zoom, dan Youtube. Pelaksanaan acara selama 5 hari tersebut berupa pameran karya tugas akhir, talkshowworkshop, dan awarding night.

Pada tahun ini, pameran karya tugas akhir Adiwarna 2020 terbagi menjadi 5 kategori, yaitu: kategori Graphic Design, International Program in Digital Media, Thesis, Interactive Multimedia, dan Brand Communication. Karya yang dipamerkan akan diberi penilaian oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dari industri kreatif, yaitu Ritter Willy Putra (Thinking Room), Adam Mulyadi (Egghead Branding Consultant), dan Calvin Chandra (Cuatrodia Creative).

Adiwarna 2020 mendapatkan dukungan penuh dari segenap civitas akademika Universitas Kristen Petra,  terutama Program Studi Desain Komunikasi Visual yang berada di dalam naungan Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra. Selain itu, Adiwarna 2020 juga bekerja sama dengan DJFM Radio Surabaya, Event Surabaya, Event Mahasiswa Surabaya, Event Pemuda Surabaya, Event Suroboyo, Event Banget, dan Event Campus sebagai media partner Adiwarna 2020. Terdapat juga beberapa perusahaan dan mitra ternama yang ikut berpartisipasi dan mensponsori acara seperti Sony Center Tunjungan Plaza, Bantex, MSI, Wong Coco, Biergo Indonesia, Leeven & Co, Lumago Pictures, Riz Plakat Jaya, Paperprint, Caturra Espresso + Mumukuru

 

Info lebih lanjut:

Follow Instagram @adiwarna.official

Visit Official Website Adiwarna

Watch Youtube Adiwarna Exhibition

Baca lebih lanjut >
17
Apr
2020
Bharatika Festival 2020
Bharatika Festival adalah sebuah festival seni dan desain yang diadakan oleh Universitas Kristen Petra Surabaya, Fakultas Seni dan Desain. Bharatika memiliki berbagai rangkaian acara, antara lain: festival, creative talkexhibitionworkshopawarding nightgrand openingmeet the judges, kompetisi, community sharing, dan creative market
 
Pada tahun ke-5, Bharatika Festival mengambil tema Titik Temoe yang artinya tempat bertemunya individu-individu yang memiliki karakteristik berbeda kemudian bersatu dan memadukan kemampuan yang dimiliki menjadi sesuatu yang membawa dampak yang berpengaruh bagi diri sendiri maupun bersama.
 
Bharatika Festival memiliki serangkaian lomba yang terdiri dari kategori Tirta (Desain Komunikasi Visual), Agni (Desain Interior), Bayu (Desain Produk), dan Buana (SMA). 
 
Berikut beberapa kategori lomba pada Bharatika Fest, yaitu:
Kategori Tirta:
- Print Ad x Blibli
- Integrated Campaign x Caffino
- TV Commercial x Hallmar FBS
- Comic Strip x Wacom
- Commercial Photography
 
Kategori Agni:
- Interior Styling x Courtina
- Visual Merchandising x Caffino
- Chair Design x MM Galleri
- Lamp Armature Design x Daur Design
 
Kategori Bayu:
- Innovation Challenge x PT Kepuh Kencana Arum
 
Kategori Buana (Peserta SMA):
- Photography
- Illustration x Artotel
 
Bharatika Festival akan di selenggarakan di Chamaleon Hall Tunjungan Plaza 6 Surabaya pada tanggal 17-19 April 2020. 
 
Untuk informasi lebih lanjut bisa mengikuti kami di
Instagram: bharatikafest 
Line: @bharatikafest
Baca lebih lanjut >
04
Apr
2020
Odyssey: Game Design and Competition

Update: 19 Maret 2020

Even ditunda untuk sementara berkaitan dengan Self Distance Covid-19. Nantikan informasi selanjutnya di sini.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ekonomi kreatif dari sektor film, video dan fotografi beserta sektor permainan interaktif telah menjadi salah satu sumber penyumbang devisa dan berkontribusi dalam menyediakan lapangan kerja. Akan tetapi sector ekonomi kreatif sebagaimana di atas masih kesulitan dalam berkembang dari kualitas dan kuantitas salah satunya disebabkan kurangnya tenaga pekerja yang kompeten dalam memenuhi kebutuhan industry. Kompetensi yang rendah karena institusi pendidikan dan masyarakat secara umum belum terlalu mengenal dan memahami profesi dalam industri tersebut.    

Fakta sebagaimana di atas menuntut Program International Program in Digital Media – Program Studi Desain Komunikasi Visual sebagai institusi Pendidikan yang memiliki peran utama dalam pembentukan kompetensi sdm bertanggung jawab dalam usaha untuk meningkatan pengetahuan dan pemahaman terhadap industri terkait.

Salah satu bentuk pemenuhan tanggung jawab tersebut adalah dengan mengadakan sebuah kegiatan sosialisasi potensi profesi industry kreatif (sektor film, video dan fotografi beserta sektor permainan kreatif) yang dikemas dalam acara lomba, talkshow dan pameran karya mahasiswa dengan sasaran utama siswa SMA dan sederajat di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Malang.

Acara ini berupa lomba environment dan character design serta talkshow mengenai future job dalam bidang animasi dan game design. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi sebuah medan perang ide untuk anak muda kreatif khususnya siswa SMA, dimana mereka dapat berlomba untuk mengekspresikan ide mereka dalam bidang desain.

Baca lebih lanjut >
23
Agu
2019
Adiwarna 2019: Antaradar

Adiwarna 2019 merupakan sebuah pameran tugas akhir yang diadakan oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya. Menampilkan lebih dari 50 karya dengan berbagai topik yang memecahkan masalah dengan pemikiran kreatif mahasiswa semester akhir Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, serta menghubungkan para peserta pameran dengan agensi, rumah produksi, dan perusahaan yang bekerja dibidang industri kreatif. Selain itu Adiwarna 2019 juga berfungsi untuk mengedukasi serta memperkenalkan masyarakat luas pada dunia desain dan industri kreatif.

Pada tahun ini, Adiwarna 2019 mengangkat tema Antaradar. Adiwarna 2019 akan diadakan mulai dari tanggal 23 sampai dengan 25 Agustus 2019, bertempatkan di Tunjugan Plaza 6, lantai 5 Chameleon Hall (Jl. Basuki Rahmat No. 107). Pelaksanaan acara selama 3 hari tersebut berupa soft opening, opening ceremony, seminar, exhibition, workshop, creative market, awarding night dan closing ceremony.

Berbagai macam bentuk kegiatan yang ada di Adiwarna 2019. Tahun ini Adiwarna 2019 di bagi menjadi 14 sub-kategori, yaitu: kategori Branding, Social Campaign, Illustration, Photography, Packaging, Book, Audio Visual, Board Game dan Thesis. Karya yang dipamerkan akan di beri penilaian oleh Timothy Hendrawan Creative Director of Trisula, Trivet Sembel the CEO of Proud Media Group (Parent Company of Proud Project and Folkative) dan Danis Sie Design Director of Sciencewerk.

Adiwarna 2019 mendapatkan dukungan penuh dari segenap civitas akademika Universitas Kristen Petra yaitu Program Studi Desain Komunikasi Visual yang berada di dalam naungan Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra. Selain itu Adiwarna 2019 juga bekerja sama dengan C+C and CO sebagai agency partner, ADGI sebagai community partner, dan The display, UR The Radio, DGI beserta Magang.kuy sebagai media partner Adiwarna 2019. Terdapat juga beberapa perusahaan ternama yang ikut berpartisipasi seperti Cleo Mineral Water (Official Water Partner), GoodDay (Official Coffee Partner), Safecare Aromatherapy (Official Health Partner), MSI (Official Tech Partner), Hutama (Official Vendor Partner), Galaxy Lintang (Official Vendor Partner).

Info lebih lanjut:

Follow Instagram @adiwarna.official

Visit Website http://adiwarna.petra.ac.id/

Baca lebih lanjut >
28
Jul
2019
Surabali 2019

Surabali or Summer in Surabaya and Bali is a result of mutual cooperation among three excellent universities in Indonesia: Airlangga University, Petra Christian University, and Udayana University. It is as an effort to bring social awareness for youths in this global era.

The program offers a complete package about sociopreneurship. Participants will be given theories to develop their ideas for one week in Surabaya before they implement the knowledge directly in community at Bali. In addition, participants will obtain not only in-class learning method but also on-site visits, field trips, and workshop to get hands-on experience as well as sociopreneurship knowledge during the program. Participats will also experience Indonesian culture in Surabaya as well as in Bali.

By the end of program, participants are expected to have competence to identify sociopreneurship activities, map challenges, and offer ideas to improve social enterprises in the global setting.

 

2019 Timeline

28 July - 31 July at Airlangga University Surabaya

01 August - 04 August at Petra Christian University, Surabaya

05 August - 08 August at Udayana University, Bali

 

Further Inquiries:

Mrs. Sherly de Yong

Secretariat of Surabali 2019

Email | surabali@petra.ac.id

Phone | +6231 2983409

Baca lebih lanjut >
01
Jul
2019
Asia Summer Program 2019

Asia Summer Program or ASP is a 3 week international summer program focused on topics relevant to Asia. Its primary aim is to foster future leaders who have a strong understanding of Asian cultures, a broad and creative mindset, and a talent for international collaboration. The learning environment is friendly and multicultural, often involving students from universities all across Asia.

Participating students may select 2 courses per day, 1 in the morning (before lunch) and another 1 in the afternoon (after lunch). Most courses cover topics in liberal arts and humanities with some introductory level courses in other fields. All courses are delivered fully in English and taught by esteemed instructors representing participating universities.

Each course generally equals to 2 academic credits that may be converted in the students’ academic transcript for graduation requirements at their home university though the policies may differ between participating universities. Thus, it is highly recommended for students to discuss issues concerning academic credits with the ASP representative at their home university and perhaps also with their academic advisor.

 

For more information: asp2019.petra.ac.id

Photo courtesy of ASP Comittee

Baca lebih lanjut >
26
Apr
2019
Bharatika Fest 2019

Bharatika Fest 2019 kembali hadir untuk siswa/siswi dan mahasiswa/i!

Bharatika Fest adalah event tahunan yang diadakan oleh Fakultas Seni dan Desain UK. Petra, diinisiasi oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual. Event ini adalah ajang bagi siswa/i SMA dan mahasiswa/i untuk berkreasi dan berkreativitas. Ada berbagai macam acara yang bisa diikuti, diantaranya adalah: lomba, workshop, talkshow, dan awarding night.

Ada 4 kategori lomba, yang bisa diikuti yaitu:

  • Tirta (DKV) dengan sub-kategori: print ad, packaging, integrated campagin, digital imaging, dan tv commercial
  • Agni (Interior) dengan sub-kategori: chair design, lamp armature, visual merchandising, dan interior styling
  • Bayu (Despro) dengan sub-kategori: innovation challenge
  • Buana (SMA) dengan sub-kategori: fotografi, fashion design

Informasi lebih lanjut bisa dilihat pada website Bharatika Fest

Baca lebih lanjut >
24
Agu
2018
Adiwarna 2018: Open Circle

Adiwarna adalah sebuah kegiatan tahunan rutin yang diselenggarakan oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra untuk memamerkan karya Tugas Akhir terbaik mahasiswanya. Pada kesempatan kali ini, Adiwarna kembali dengan tema “Open Circle”, yang mengajak para entrepreneur dari segala bidang untuk berkolaborasi bersama para desainer muda dalam menciptakan inovasi bisnis kreatif yang lebih berdampak.

Adiwarna dilangsungkan pada tanggal 24-26 Agustus 2018 dan bertempat di Gedung Balai Pemuda Surabaya. Akan terdapat kurang lebih 50 peserta pameran dengan berbagai macam kategori karya tugas akhir yang berbeda-beda (Advertising, Branding & Graphic Design, Social Campaign, Interactive Media, Audio Visual, Illustration, Comic, dan Fashion) . Pameran ini akan diselenggarakan sebagai wujud promosi diri mahasiswa kepada khalayak publik terutama praktisi pekerja kreatif. Tak kalah penting, kegiatan selingan seperti creative workshops, talkshows, dan competition juga akan diadakan di rangkaian acara Adiwarna. Marchella FP founder dari Generasi 90an, Atreyu Moniaga, Yasa Singgih, Thinking*Room, analog.surabaya, dan Lzy Visual akan ikut meramaikan Adiwarna sebagai speaker talkshow dan mentor workshop. Acara ini dimaksudkan agar menarik perhatian masyarakat untuk datang dan meramaikan pameran. Selain itu, tema dari rangkaian acara yang Di akhir rangkaian kegiatan, Adiwarna akan ditutup dengan malam penganugerahan yang ditujukan kepada karya-karya pameran terbaik.

Selain sebagai ajang pameran, Adiwarna juga diharapkan dapat mewakili atau menyuarakan bahwa desain komunikasi visual dapat menjadi suatu sarana pemecahan masalah sosial. Wujud nyata dari pemecahan masalah tersebut dapat dilihat di karya Tugas Akhir para mahasiswa, sebagai hasil dari pembelajaran di Desain Komunikasi Visual UK Petra.

 

Informasi selengkapnya:

Kunjungi adiwarna.petra.ac.id

Baca lebih lanjut >
Menampilkan 1-10 dari 10 item.